Tanda Syukur Dengan Sedekah

Bersyukur adalah salah satu amalan hati yang wajib kita amalkan setiap waktunya, karena begitu banyak karunia Allah yang kita rasakan hingga saat ini. Kita pasti sering mendengar ayat tentang bersyukur, yang tertulis :

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim ayat 7)

 

Dalam praktiknya bentuk syukur banyak caranya, salah satunya dengan sedekah. Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat an-Nur ayat 33, “Dan berikanlah kepada mereka sebahagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu.” Rasulullah shalallahu Alaihi Wasalam bersabda dalam sebuah hadits riwayat at-Tirmidzi, bahwa: “Sesungguhnya dalam setiap harta itu ada hak-hak orang lain selain zakat”

.

Bila kita menyadari kalau segala yang ada pada kita adalah karunia Allah Subhanallah Wa Ta’ala seutuhnya, ternyata nikmat yang Allah berikan lebih banyak dibandingkan musibah yang kita rasakan, tak sepatutnya kita mengalah dan bersedih ketika nikmat kita di kurangi oleh Allah.

Kita harus menyakini kebaikan yang kita lakukan pasti dibalas dengan kebaikan, jika tidak dibalas di dunia maka Allah akan balas di akhirat, dan IKHLAS adalah salah satu kunci sedekah dan kebaikan kita di terima oleh Allah dan tentunya memperhatikan syariat-Nya, jangan sampai yang kita dapatkan bersumber dari yang HARAM.

 

Musuh dari IKHLAS adalah RIYA (ingin dipuji/dilihat oleh manusia),

dalan Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 264:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.”

Sahabat mari aplikasikan syukur kita dengan sedekah, karena sedekah itu memuliakan dan membahagiakan

Semoga Allah semakin sayang dan menerima sedekah kita, Aamiin.