post2

MANFAAT NABUNG !

1. Melatih Perencanaan & Membantu dalam Kondisi Darurat

Quipperian pasti pernah dong minta sesuatu ke orangtua saat masih kecil? Misalnya seperti minta dibelikan game konsol alias playstation. Pasti orangtua kamu nggak langsung membelikan barang tersebut dan menyarankan untuk menabung terlebih dahulu agar bisa membeli barang yang kamu mau, bukan?

Dari kenangan ini, pelajaran yang dapat dipetik adalah bahwa untuk mendapatkan sesuatu kita membutuhkan perencanaan seperti menabung selama rentan waktu tertentu dan berapa uang yang harus kita sisihkan setiap hari untuk mendapatkan hal yang kita inginkan. Dengan begini, kita secara tidak sadar memupuk keterampilan perencanaan manajemen keuangan pribadi untuk mencapai apa yang kita inginkan.

Selain itu, selain melatih perencanaan, manfaat rajin menabung pun akan sangat membantu kita jika terjadi kondisi darurat. Misalnya saat harus membeli kamus seharga 600 ribu atau mungkin sakit dan butuh berobat. Dengan adanya tabungan, meski sedikit, kamu tidak perlu merepotkan orangtua lagi jika memang cukup digunakan. Keren banget kan kalau kamu bisa mengatur keuanganmu sendiri dari sedini mungkin, Quipperian?

2. Menanamkan Kesabaran

Manfaat rajin menabung yang kedua adalah bisa menanamkan kesabaran karena seperti yang dijelaskan pada poin pertama, bahwa untuk mendapatkan sesuatu kita membutuhkan pengorbanan berupa uang yang disisihkan setiap hari dan waktu yang lama agar uang tersebut terkumpul.

Selain itu, latihan kesabaran ini juga nantinya sangat bermanfaat untuk kehidupan kita lho, Quipperian. Misalnya kita jadi bisa lebih sabar menunggu barang yang kita inginkan datang, bisa lebih sabar kalau ada antrian, dan lain-lain. Dengan begini, tentu saja kamu akan berkembang menjadi karakter yang lebih baik dan penuh kesabaran.

3. Terbiasa Menjadi Pribadi Displin

Quipperian, menjadi disiplin tidaklah mudah. Kalau nggak terbiasa sejak dini, hal itu akan sulit kamu lakukan di masa depan. Nah, manfaat rajin menabung sejak dini, kamu akan terbantu menjadi pribadi yang disiplin.

Misalnya kamu ingin membeli sebuah buku dan berkomitmen pada diri sendiri mau menyisihkan Rp5.000 setiap hari dari uang jajanmu. Otomatis, setiap hari kamu sudah mendisplinkan dirimu sendiri untuk menyisihkan uang 5.000 hingga cukup untuk membeli buku nanti.

Tentu saja cara seperti ini akan melatih kamu untuk jadi pribadi yang disiplin dan berkomitmen demi mencapai sesuatu. Kedisiplinan dan teguh berkomitmen ini tentu akan sangat berguna dalam kehidupan, lho, baik di dunia kuliah maupun dunia kerja nanti.

4. Memiliki Mental Sederhana dan Tidak Boros

Secara tidak langsung, manfaat rajin menabung lainnya yang akan kamu rasakan adalah kamu akan berpikir dua kali tiap kali mau mengeluarkan uang. Kamu semakin bisa membedakan mana ‘kebutuhan’ dan mana yang hanya sekadar ‘keinginan’ saja.

Tetapi jangan salah sangka, ini bukan berarti pelit, lho. Dengan terbiasa menabung, kamu akan belajar betapa pentingnya menentukan sebuah prioritas ketika hendak mengeluarkan uang.

5. Andal Menata Keuangan

Nah, kalau kamu sudah terbiasa menabung, kamu akan semakin andal menata keuanganmu, Quipperian. Kamu jadi lebih bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran mingguan atau bulananmu sehingga tidak kebablasan. Tanpa kemampuan menata keuangan, bisa-bisa peribahasa ‘lebih besar pasak daripada tiang’ terjadi dalam kehidupanmu. Kemampuan ini nantinya bisa membuat kamu lebih matang dalam mengatur keuangan.

6. Selain Menabung Urusan Dunia Jangan Lupakan Menabung Untuk Akhirat

Menabung untuk akhirat banyak caranya, caranya dengan  memperbanyak beramal sholeh, sholat, zakat, puasa, sedekah, berbakti kepada orang tua, beerwakaf, berqurban. Ngomong tentang qurban kini di Rydha ada Tabungan Qurban, Mau tau cek link ini.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *